Sejarah Radio

Radio diteliti dan dikembangkan oleh banyak peneliti, beberapa di antaranya adalah David Hughes, Heinrich Hertz, dan Nikola Tesla. Tapi orang pertama yang berhasil mendemonstrasikan kehebatan dari radio adalah Guglielmo Marconi. Marconi mendemonstrasikan pengiriman sinyal sejauh 2.000 mil dari Poldhu, Inggris sampai St. Johns, Newfoundland. Berkat itu Marconi menerima hak paten untuk radio bahkan hadiah Nobel. Padahal Marconi melakukan percobaan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Hertz dan Tesla. Akhirnya pada tahun 1943 Pengadilan Amerika menyatakan Nikola Tesla sebagai pemegang hak paten radio (namun sayangnya setelah Tesla meninggal).

Pada awal perkembangannya radio hanya digunakan untuk mengirimkan telegraf, sinyal suara belum dapat dikirimkan. Reginald Fessenden dan Lee de Forest yang pertama kali memungkinkan pengiriman sinyal suara melalui radio dengan menemukan amplitude-modulated (AM) radio. Berkat penemuan ini stasiun-stasiun pemancar radio dapat berdiri. Kelompok radio amatir juga mulai bermunculan. Siaran berita pertama melalui radio dilakukan oleh stasiun 8MK di Michigan pada tahun 1920.

Pada tahun 1935 Edwin Armstrong, seorang operator radio amatir, menemukan frequency-modulated (FM) radio yang dapat menghilangkan static (gangguan sinyal) pada sinyal audio. Penemuan ini akhirnya dikomersialkan dan menjadi standar siaran radio sampai saat ini.

Radio terus mengalami perkembangan dan digunakan untuk macam-macam teknologi. Sebut saja televisi, satelit komunikasi, digital radio, GPS, dll. Tahun 1990-an para radio-amatiran melakukan penelitian untuk mengirim sinyal radio melalui komputer yang dilengkapi dengan sound card. Tahun 1994 U.S. Army dan DARPA meluncurkan proyek pembuatan software-defined radio yang dapat diprogram menjadi radio apapun hanya dengan mengubah programnya. Proyek ini berhasil dengan baik.

Teknologi radio yang sedang populer saat ini misalnya saja teknologi WiFi yang menggunakan teknologi digital radio. Ke depannya teknologi radio dikembangkan untuk penyampaian data yang semakin cepat, semakin besar area jangkauannya, semakin akurat, dan semakin aman.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Radio

Advertisements
This entry was posted in just archive. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s