Apache HTTP Server

Apache HTTP Server adalah sebuah web server yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Yang dimaksud dengan web server adalah program yang berfungsi menerima permintaan (request) dari browser kita, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox, dan memberikan feedback berupa file html yang kita perlukan.

Proyek Apache merupakan pengembangan dari proyek NCSA HTTPd, sebuah web server yang dikembangkan oleh Rob McCool namun berhenti di tengah jalan. Proyek Apache dimulai oleh sekelompok orang yang menyebut dirinya “Apache Group”. Nama Apache sendiri diambil dari nama sebuah suku Indian di Amerika. Apache versi 1.0 pertama kali diluncurkan pada 1 Desember 1995. Versi 2.0 diluncurkan pada 6 April 2002. Saat ini sudah tersedia versi 2.2.

Apache dapat berjalan di atas berbagai sistem operasi, termasuk Unix, FreeBSD, Linux, Sun Solaris, Novell NetWare, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Apache juga mendukung banyak bahasa pemrograman server-side seperti PHP, Perl, dan Python. Jika diinstall pada komputer sendiri, Apache dapat digunakan untuk melihat hasil website (statik maupun dinamik) yang kita buat, caranya dengan mengakses halaman http://localhost yang merujuk ke komputer kita sendiri.

Sampai saat ini Apache masih dipakai oleh mayoritas server di dunia (50,93 % per Februari 2008). Pesaing utamanya adalah Internet Information Service yang dibuat oleh Microsoft. Wikipedia termasuk website yang memakai Apache. Google memakai Apache yang telah dimodifikasi sendiri dengan nama Google Web Server. Kekuatan dari Apache terletak justru pada lisensinya yang gratis (free) dan open source. Karena sifatnya gratis, banyak pemakai yang mau berkontribusi untuk proyek Apache. Apache merupakan salah satu contoh proyek open source yang paling berhasil.

Rujukan:

http://en.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server
http://httpd.apache.org/ABOUT_APACHE.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_web_server_software

Advertisements
This entry was posted in just archive. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s