Review film “Soldiers of The Net”

Film “Soldiers of The Net” (kalau tidak salah judulnya begitu, agak lupa) bercerita tentang proses pengiriman data melalui internet. Cerita dimulai saat kita membuka sebuah halaman web. Event tersebut akan diterjemahkan oleh komputer menjadi sebuah data. Data tersebyt dipecah-pecah ke dalam beberapa paket oleh transport layer, kemudian diberi label (TCP header). Setelah itu paket data dikirimkan ke bagian network layer dan diberi label lagi (IP header). Lalu paket data keluar dari komputer user dan masuk ke sebuah perangkat yang disebut router. Router ini bertugas memilah-milah paket data dan memindahkannya ke jalan (kabel jaringan) yang benar untuk mencapai tujuannya.

Setelah beberapa kali dipindah-pindahkan oleh router, paket data akan melewati komponen yang disebut proxy. Proxy ini bertugas memfilter paket data yang keluar dari jaringan lokal. Paket data yang isinya tidak sesuai dengan kebijakan jaringan lokal tersebut akan dimusnahkan (misalnya kalau di proxy ITB tidak boleh membuka youtube). Jika lolos dari proxy, paket data akan melewati firewall jaringan lokal. Keluar dari firewall tersebut, akhirnya paket data akan berada pada jalur internet yang menghubungkan seluruh komputer di dunia. Paket data akan berjalan terus sampai mencapai jaringan komputer tujuan.

Di jaringan komputer tujuan, paket data akan melewati firewall jaringan tersebut. Firewall akan menyeleksi paket data berdasarkan portnya. Jika port yang diminta ilegal, paket data tidak akan diizinkan lewat dan dihancurkan. Jika port yang diminta diterima, paket data akan diizinkan lewat. Paket data kemudian diteruskan sampai komputer tujuan. Pada komputer tujuan, IP header dan TCP header akan dilepas, masing-masing oleh network layer dan transport layer komputer tersebut. Data dalam paket tersebut akan diproses oleh komputer, dan komputer akan mengirimkan paket data sebagai jawaban atas data tersebut. Paket data tersebut akan menempuh perjalanan yang serupa sampai akhirnya mencapai komputer kita. Dan akhirnya pada komputer kita muncullah halaman web yang diminta.

Advertisements
This entry was posted in just archive. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s