Open Systems Interconnection (OSI)

OSI adalah sebuah model abstraksi protokol-protokol yang menghubungkan dua buah komputer melalui jaringan. Model ini dikembangkan oleh ISO pada awal 1980-an. Dibandingkan dengan TCP/IP model ini memang kalah populer dan hanya dipakai di Eropa saja, tapi OSI masih dianggap sebagai model sistem komunikasi yang ideal.

OSI terdiri dari 7 lapisan yang akan dijabarkan satu per satu.

1. Application layer

Lapisan ini merupakan aplikasi komputer yang berhubungan dengan jaringan, seperti protokol HTTP, FTP, SMTP, dll. Contohnya seperti browser Mozilla Firefox untuk HTTP atau Total Commander untuk FTP.

2. Presentation layer

Lapisan ini menangani representasi data, terutama pengkodean karakter seperti ASCII, EBCDIC, dan UNICODE. Karena komputer yang berhubungan dapat menggunakan “bahasa” atau pengkodean karakter yang berbeda, pesan yang disampaikan harus diterjemahkan dahulu ke dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh kedua komputer.

3. Session layer

Lapisan ini bertugas membuka dan menutup komunikasi antara komputer client dan komputer server. Misalnya saat kita membuka sebuah halaman web untuk pertama kalinya, komputer kita akan membangun hubungan dengan komputer server web yang dituju, yang disebut dengan sebuah sesi. Sesi ini akan terus bertahan sampai halaman tersebut kita tutup.

4. Transport layer

Pada lapisan ini, data yang diterima dari lapisan di atasnya dipecah menjadi paket-paket data berukuran tertentu. Contoh transport layer adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP). TCP memastikan bahwa data yang dikirim sampai ke tujuan dengan metode acknowledgment, sedangkan UDP tidak.

5. Network layer

Lapisan ini bertanggung jawab dalam pengiriman paket-paket yang dibuat di transport layer ke komputer yang dituju. Contoh network layer yang paling terkenal adalah Internet Protocol (IP).

6. Link layer

Lapisan ini merupakan perantara antara network layer dan physical layer. Paket dari network layer diterjemahkan ke dalam protokol yang dimengerti oleh physical layer. Pada komputer, yang berfungsi sebagai link layer adalah network card device driver.

7. Physical layer

Lapisan ini merupakan hardware yang mengirimkan data sebagai sinyal-sinyal pada kabel jaringan, yaitu network card seperti Ethernet.

 

Searching dengan Google

Sebagai ilustrasi, misalkan kita membuka halaman www.google.com dengan browser Mozilla Firefox. Saat kita menekan tombol “Search”, aplikasi Firefox yang berada pada application layer akan mencoba mengirimkan pesan ke server Google bahwa kita mencari sebuah kata tertentu. Presentation layer akan menerjemahkan pesan tersebut ke dalam sebuah character set, misalnya ASCII. Session layer menjaga agar sesi kita dengan server Google tetap berjalan.

Pesan lalu dibagi menjadi paket-paket data oleh transport layer. Paket-paket tersebut akan dibungkus oleh network layer dengan menyertakan alamat komputer kita dan alamat server Google sehingga pesan dapat sampai ke tujuan. Link layer menerjemahkan paket tersebut dan memberikan perintah kepada physical layer untuk mengirimkan paket-paket data tersebut ke jaringan.

Advertisements
This entry was posted in just archive. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s