Instalasi FreeBSD pada VMware

Untuk tugas kaderisasi ARC, saya mencoba menginstall FreeBSD. Untuk amannya, saya menggunakan VM-ware, sebuah software yang dapat mengemulasikan virtual machine, yaitu semacam komputer yang seolah-olah berjalan di dalam komputer lain. FreeBSD yang saya install adalah versi 6.3-release.

Langkah-langkah instalasi FreeBSD pada VMware adalah seperti berikut:

 

Install VMware di Windows. Setelah selesai, buat sebuah virtual machine. Pilih sistem operasi FreeBSD.

Saat diminta kapasitas harddisk maksimum yang boleh digunakan, masukan kapasitas yang diinginkan (sebaiknya jangan melebihi kapasitas harddisk). Jika pilihan “Allocate all disk space now” dicek, VMware akan langsung membuat file seukuran kapasitas maksimum yang dimasukkan. Jika tidak, ukuran file akan bertambah seiring dengan kebutuhan sistem operasi yang akan diinstall. Sebaiknya cek saja karena proses installasi akan berjalan dengan lebih cepat. Sebagai saran, jika menggunakan sistem file NTFS sebaiknya file harddisk di-uncompress untuk mempercepat proses instalasi.

Setelah virtual machine selesai dibuat, masukkan CD installer FreeBSD. Lalu nyalakan virtual machine. Yang pertama muncul adalah layar “BIOS” VMware. Tunggu sampai muncul layar Welcome, lalu tekan ENTER. Pada pilihan negara, pilih Indonesia saja. Pada pilihan keymap, pilih USA ISO.

Kita masuk ke menu utama instalasi. Pilih Standard installation. Setelah itu kita masuk ke menu partisi harddisk. Karena kita menggunakan VMware, pilih saja “Use Entire Disk” (tekan A). Setelah itu tekan Q.

Selanjutnya adalah pilihan boot manager. Ini bagian yang agak penting. Pilihan “BootMgr” sebaiknya dipilih jika instalasi dilakukan di komputer dengan beberapa sistem operasi. Pilihan “Standard” akan menghapus Master Boot Record yang ada sekarang (jangan pilih ini kalau tidak mau kehilangan OS yang sudah ada). Pilihan “None” tidak akan mengubah MBR, dan akibatnya FreeBSD tidak dapat diboot sampai user mengkonfigurasi MBR secara manual. Karena kita menginstall di VMware, sebaiknya pilih “BootMgr” saja.

Pilih BootMgr

Yang berikutnya kita harus mempartisi disk. Partisi yang harus ada minimal 2 buah, satu untuk swap (semacam virtual memory di Windows), dan satu lagi untuk root directory. Untuk membuat swap, tekan C, pilih swap partition, lalu masukkan ukuran swap yang diinginkan (misalnya 100M berarti 100 MB). Berikutnya untuk membuat root directory tekan C, pilih file system, lalu masukkan ukuran yang diinginkan (jika dibiarkan, defaultnya adalah ukuran disk yang tersisa), setelah itu saat diminta memasukkan mount point masukkan “/” yang berarti root directory. Setelah selesai, tekan Q.

Membuat partisi root

Selanjutnya kita dapat memilih distribusi yang diinginkan. Pilih sesuai kebutuhan.

Setelah memilih distribusi yang diinginkan, tekan TAB lalu ENTER. Selanjutnya pilih “Install from a FreeBSD CD/DVD”. Tekan Yes untuk konfirmasi terakhir. Tunggu sampai installasi selesai.

Setelah selesai kita akan masuk ke konfigurasi terakhir. Pilih konfigurasi yang diinginkan. Yang cukup pentin adalah konfigurasi mouse, saat diminta mengkonfigurasi mouse tekan Yes dan pilih “Test and run the mouse daemon”. Setelah itu kita ditawarkan untuk menginstall program-program koleksi FreeBSD. Tekan Yes jika ingin menginstallnya sekarang. Setelah itu ada pilihan untuk membuat user account, sebaiknya buat satu.

Membuat user account

Selanjutnya, kita diminta memasukkan password untuk user “root”. Masukkan password yang diinginkan. Setelah itu ada pilihan untuk konfigurasi sistem. Setelah semuanya selesai, pilih “Exit install” dan sistem akan di-reboot.

Setelah reboot, kita akan masuk ke sistem operasi FreeBSD-nya. Masukkan username dan password yang tadi dibuat, dan kita pun bisa masuk ke dalam FreeBSD. Instalasi selesai!

 

Advertisements
This entry was posted in just archive. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s