FreeBSD

Apa itu FreeBSD?

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi berbasis UNIX seperti layaknya Linux. FreeBSD merupakan salah satu turunan dari sistem operasi BSD (Barkeley Software Distribution) yang dikembangkan oleh Computer Systems Research Group di University of California, Berkeley.

Menurut website Netcraft (http://www.netcraft.com), FreeBSD merupakan salah satu sistem operasi yang paling jarang mengalami crash jika dijalankan pada sebuah komputer selama berhari-hari. Karena itu FreeBSD merupakan salah satu sistem operasi terbaik untuk digunakan pada sebuah komputer server. Selain itu FreeBSD juga kompatibel dengan sistem operasi Linux. Kebanyakan program yang berjalan di Linux dapat berjalan dengan baik di FreeBSD, meskipun tidak semua. Aplikasi desktop seperti KDE dan GNOME juga dapat dipakai pada FreeBSD.

Bedanya FreeBSD dengan Linux, FreeBSD dikembangkan sebagai sebuah sistem operasi yang lengkap, sedangkan pada Linux kernel, utility, dan aplikasinya dikembangkan secara terpisah lalu disatukan dalam sebuah distribusi Linux.

FreeBSD dapat diunduh dengan gratis pada websitenya di www.freebsd.org, termasuk versinya yang paling baru versi 7.0.

Kelebihan FreeBSD yang lain adalah dokumentasinya yang sangat lengkap, mulai dari petunjuk instalasi, aplikasi dan multimedia, sampai konfigurasi server, semuanya dapat dilihat pada websitenya.

Sejarah FreeBSD

FreeBSD dikembangkan dari 386BSD, sebuah proyek pengembangan sistem operasi BSD yang dapat berjalan di atas chip Intel. Proyek ini dipimpin oleh Lynne Jolitz dan William Jolitz. Pada tahun 1993 sebuah grup lain yang dipimpin oleh Jordan Hubbard mencoba meneruskan proyek tersebut, masih dengan visi yang sama mengembangkan BSD yang berjalan di atas chip Intel. FreeBSD 1.0 akhirnya diluncurkan pada bulan Desember 1993.

Pada perkembangan selanjutnya, terjadi masalah hak cipta antara pengembang FreeBSD dan pemegang hak cipta UNIX karena sebagian besar kode FreeBSD diambil dari sistem operasi UNIX. Akibatnya sistem FreeBSD direkayasa ulang dengan memanfaatkan 4.4BSD-Lite yang tidak menggunakan kode UNIX. Hasil dari rekayasa ulang tersebut diluncurkan sebagai FreeBSD 2.0 pada Januari 1995. Pengembangan FreeBSD terus berlangsung, sampai versi 3.0, 4.0, 5.0, 6.0, dan yang terbaru adalah versi 7.0 yang baru saja diluncurkan pada tanggal 27 Februari 2008. Saat ini FreeBSD 8.0 masih dalam tahap pengembangan.

Advertisements
This entry was posted in just archive. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s